loading...
loading...

7 Fakta Unik Orang Padang/Minang/Awak

8:14 PM




1. Orang PADANG.
Orang asal sumatera barat yang tinggal dirantau (seperti ane),sering disebut orang lain dengan sebutan orang ''Padang'' bukan orang ''Minang'',karena banyak orang pada umumnya tau tentang ''Padang'' serta pengaruh rumah makan/restoran di daerah rantau yang ada tulisan 'Masakan Padang' dibawahnya, bukan 'Masakan Minang'. Jadi kalau sanak(orang minang) dirantau orang walaupun asalnya dari Payakumbuah, Bukiktinggi, Solok,Solok Selatan, Pariaman, dll. Maka orang dari suku lain tetap menyebutnya orang Padang..

2. PANDAI DAGANG.
Kalau orang lain mengatakan dan memberi kepanjangan dari Padang adalah 'Pandai Dagang', karena memang kenyataannya orang minang memang pandai manggaleh(berdagang)..

3. Bajodohkan(Dijodohkan)

Kata orang lain, walaupun orang minang pacaran dg orang lain, tapi yang akan jadi suami atau istri tetap orang minang, karena sudah dijodohkan. Itu karena faktor Film Siti Nurbaya yang telah melegenda diseantero masyarakat Indonesia. Faktor lain emang kenyataannya orang minang kalau nikah walaupun sedang dirantau tetap memilih orang minang pada umumnya. Tapi kenyataannya tidak 100% betul, karano banyak juga orang minang yang menikah dengan orang lain(bukan orang minang) ....

4. Laki-Laki Padang(Minang) dibeli
Kalau kata orang lain, Laki-laki Padang (Minang) ketika menikah, maka pihak perempuan harus membeli pihak laki-laki. Penilaian ini tidaklah 100% betul, Tapi kenapa org lain bisa menilai begitu? Itu karena faktor perantau orang minang lebih banyak dari pariaman. Kalau di Adat Pariaman memang betul pihak perempuan membeli pihak laki-laki, tapi ingat di Payakumbuah, Bukiktinggi dan daerah lain yg bukan Pariaman, pihak laki-laki lah yang membeli pihak perempuan.

5. Manggaleh(Berdagang)
Kalau kata orang lain, orang minang itu identik dengan berdagang, membuka usaha studio foto dan foto copy, padahal tidak semua orang minang yang dirantau yang berdagang,ada yg wartawan, politikus dll..

6. Sakampuang(Sekampung)
Kata org lain, kalau orang minang itu semuanya sekampung, karena saat org minang berbicara atau berkumpul sudah langsung akrab, bahkan dengan orang minang yang baru kenal atau baru bertemu sudah seperti keluarga. Sebenarnya bukan sekampung.Tapi orang minang bertemu dengan orang minang lainnya ,walaupun baru kenal tapi sudah merasa badunsanak(seperti keluarga) dan saling mengerti...

7. Penampilan
Nah dari segi penampilan juga bisa terlihat. kenapa? Karena penampilan orang minang dirantau memang beda. Pakaiannya nampak berkualitas dan bermerek, bukan karena kaya tapi orang minang punya selera tinggi dalam hal pakaian, prinsip orang minang ketika membeli pakaian "biarlah membeli sekali setahun,yang penting menang memakai,tahan lama dan jelas kualitasnya..."

Sumber : http://www.kaskus.co.id/thread/527f5113c3cb174f2300000e/7-fakta-unik-orang-padang-minang-awak/
 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...