loading...
loading...

Kapal (Laut) Modern Buatan Indonesia

6:03 PM

Sebagai negara maritim Indonesia dituntut untuk dapat memiliki kapal-kapal laut modern. Sehingga sudah menjadi keharusan bagi bangsa ini untuk dapat secara mandiri membuat kapal-kapal laut. Dari sisi SDM sendiri sudah banyak yang menguasai teknologi perkapalan. Sehingga kini tinggal bagaimana pemerintah memanfaatkan SDM itu. Pasca reformasi ini, beberapa kapal modern buatan anak bangsa yang telah berlayar yaitu:

KCR Trimaran

kapal laut modern Indonesia kcr trimaran
“Kapal ini terbuat dari serat karbon, dengan kecepatan 35 knot dan dipersenjatai peluru kendali yang memiliki jarak tembak 120 kilometer,” kata Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin usai meninjau industri kapal dalam negeri PT Lundin Industry Invest di Banyuwangi, Jawa Timur. Satu unit kapal “Trimaran” dihargai sekitar Rp114 miliar yang diambil dari APBN 2011.
Kapal cepat berpeluru kendali itu memiliki panjang keseluruhan 62,53 meter, panjang “water line”, 50,77 meter panjang “water draft” 1,17 meter, bobot mati 53,1 GT, kecepatan maksimum 30 knot, kecepatan jelajah 16 knot, dengan mesin utama 4X marine engines MAN nominal 1.800 PK.

KCR40 Clurit

kapal laut buatan Indonesia KCR-40 Clurit
“Ini satu-satunya kapal cepat rudal di Indonesia buatan anak bangsa di Batam,” ujar Suryo dengan bangganya di sela-sela peluncuran kapal sepanjang 44 meter itu di PT Palindo Marine Industri, Tanjunguncang, pada 4 Februari 2011. Kecepatannnya mencapai 30 knot. Kapal yang keseluruhan proses pembuatannya di PT Palindo Marine Industries, Batam ini, akan dilengkapi dengan sistem persenjataan modern berupa Sensor Weapon Control (Sewaco) modern, Meriam kaliber 30 MM 6 laras sebagai Close in Weapon System (CIWS) serta peluru kendali. Kehadiran kapal dengan sistem pendorongan handal yang mampu berlayar dengan kecepatan 30 knot ini, kata Suryo, diharapkan mampu mengemban tugas-tugas TNI AL dan juga memberikan efek deterrence bagi pertahanan negara.

KRI Banjarmasin 592

kapal perang buatan Indonesia KRI Banjarmasin
Ini adalah kapal perang pertama buatan Indonesia buatan PT PAL Surabaya. Meski mesin kapal masih impor dari Amerika Serikat, menurut Iskandar, kandungan lokal kapal berjenis landing platform deck (LPD) cukup besar mencapai 40-60 persen. “Fungsinya mencapai untuk memobilisasi pergeseran pasukan” kata Iskandar kepada komunitas media yang ikut uji coba di atas kapal menuju kepulauan seribu.  Jika kapal sejenis sebelumnya mampu menampung tiga helikopter, KRI Banjarmasin-592 ini mampu menampung lima helikopter. Selain juga 22 tank, 560 pasukan, dan 126 awak. Plus kombinasi 20 truk dan 13 tank. 

KM TanjungPerak

kapal laut buatan indonesia untuk survei pemetaan kelautan
Kapal dengan lebar 7,7 meter dengan panjang 22,4 meter ini merupakan produk dalam negeri yang merupakan buatan Institut Teknologi Surabaya (ITS).KM Tanjung Perak  bukan kapal motor biasa, tetapi kapal motor khusus untuk survei pemetaan kelautan yang dilengkapi selain sistem navigasi juga berbagai peralatan survei hidrografi atau batimetri untuk memetakan laut.
Peralatan itu antara lain multibeam echosounder Odom ES3, Singlebeam echosounder Simrad EA 400 dual frekuensi, Sound Velocity Profile Valeport Midas, Global Positioning System (GPS) tipe geodetik dan navigasi, Automatic Tide Gauge hingga perangkat lunak CARIS HIPS 6.1, serta dua boat kecil untuk kepentingan pertolongan dan pencarian atau Search and Rescue (SAR).

Read more: Kapal (Laut) Modern Buatan Indonesia - IslamWiki http://islamwiki.blogspot.com/2012/01/kapal-laut-modern-buatan-indonesia.html#ixzz1lNFuSNwU
Under Creative Commons License: Attribution

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...