loading...
loading...

Manfaat Daun Cakar Ayam

6:18 AM
 
Picture
Daun Cakar Ayam (Obat Anti kanker, radang paru. bonkitis)  oleh Andi Setia Nusa
Cakar ayam (Selaginella doederleinii Hieron) dikenal dengan sebutan berbeda di berbagai tempat, seperti Rumput Solo, cemara kipas gunung, dan shi shang be (Cina). Tanaman ini banyak tumbuh di Indonesia. Kebanyakan tumbuh di tebing jurang dan tempat-tempat teduh yang berhawa dingin.

Tanaman ini berbatang tegak dengan ketinggian sekitar 15-35 sentimeter, dan mengeluarkan akar pada percabangannya. Daunnya kecil-kecil dengan panjang sekitar 4-5 sentimeter dan lebar dua milimeter. Bentuknya jorong, ujung meruncing, pangkal rata, warna daun bagian atas hijau tua dan bagian bawah hijau muda. Daun cakar ayam tersusun di bagian kiri dan kanan batang induk sampai ke percabangannya, yang menyerupai cakar ayam dengan sisik-sisiknya.

Cakar ayam berkhasiat sebagai obat kanker paru, bronkhitis, radang paru, tonsilitis (radang amandel), batuk, koreng, hepatitis, perut busung, infeksi saluran kencing, tulang patah, dan rematik. Untuk pengobatan, semua bagian tanaman dapat dipakai pada kondisi kering. Menurut www.iptek.net.id, untuk pengobatan kanker sebanyak 50-100 gram cakar ayam direbus dengan air selama 3-4 jam dengan api kecil, lalu diminum setelah dingin. Untuk mengobati batuk, radang paru, radang amandel rebus 30 gram tanaman, lalu diminum.

Untuk jari tangan yang bengkak, cakar ayam yang masih segar dilumatkan lalu ditempelkan ke bagian tangan yang sakit. Dalam kondisi segar tanaman ini juga bisa digunakan untuk menyembuhkan tulang patah. Caranya, sebanyak 15-30 gram cakar ayam segar direbus, lalu diminum. Untuk pemakaian luar, tanaman ini dilumatkan lalu ditempelkan ke tempat yang patah asal sifat patahnya tertutup dan posisi tulangnya baik.

Cakar ayam juga sudah dibuat infus, tablet, dan obat suntik. Sifat kimiawi dan efek farmakologisnya adalah manis dan hangat, penurun panas, antiracun, antikanker (antineoplastic), menghentikan perdarahan (hemostatik), dan antibengkak (antioedem). 
Butuh racikannya herbal dalam bentuk kapsul hub :  085272499947  atau email : admin@andinews.tk, atau admin@fathan.comoj.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...